Rabu, 20 April 2016

Unknown

Tanda Hitam Di Dahi / Jidat

Sering kita jumpai seorang laki-laki yang memiliki tanda hitam di dahi mereka dan banyak yang berpendapat bahwa mereka yang memiliki tanda itu merupakan orang-orang yang rajin sholat dan tanda dahi hitam merupakan tanda seringnya mereka beridabah sholat. Apakah benar demikian?


Wajah Pemimpin Partai di Mesir


Benarkah Rajin Sholat dan Tanda Dahi Hitam Berhubungan?
Apakah dahi hitam, ciri orang sholat? Tanda hitam di dahi banyak dijumpai di kalangan laki-laki saja, namun pada kalangan wanita tanda hitam ini tidak pernah dijumpai. Apakah benar bahwa tanda hitam di dahi merupakan tanda bahwa mereka adalah orang yang rajin dan khusu dalam sholat? Dalam Al-Qur’an telah dijelaskan yaitu dalam QS. Al-Fath bahwa orang-orang yang bersama Rosulullah SAW memiliki sikap yang tegas terhadap orang-orang kafir, tetapi mereka memiliki rasa kasih sayang yang besar terhadap sesama muslim, dan mereka selalu menjalankan ibadah sholat dengan khusu' untuk mencari ridho Allah, orang-orang ini juga memiliki tanda sujud di wajahnya. Banyak yang menafsirkan bahwa tanda sujud di wajah orang-orang yang bersama Rosulullah SAW itu merupakan gambaran tingkah laku mereka yaitu perilaku yang baik dan juga perilaku yang mencerminkan ajaran Islam. Tanda sujud di wajah bukanlah tanda fisik pada wajah seseorang melainkan tanda kekhusuan dan tingkah laku dalam menjalankan ajaran Islam. 

Jadi tanda hitam di dahi seseorang bukanlah tanda bahwa orang itu telah melaksanakan ibadah sholat dengan rajin dan juga khusu'.

Wajah Putih, Bersih dan Bercahaya DR Ali Gomaa
Penjelasan dalam QS. Al-Fath itu di tunjukkan untuk semua umat Islam bukan hanya kaum laki-laki saja melainkan juga untuk kaum wanita. Selama ini tidak pernah terlihat seorang wanita yang memiliki tanda hitam di dahi mereka padahal banyak wanita yang juga memiliki tingkat keimanan yang lebih tinggi dari laki-laki selain itu juga banyak wanita yang telah menjalankan ibadah sholat dengan rajin dan juga khusu namun mereka tidak memiliki tanda hitam di dahi mereka.

Jika memang tanda hitam di dahi ciri orang rajin sholat maka bukankah hal ini malah dapat menjadikan seseorang menjadi riya’ dan sombong sehingga dapat merusak iman mereka. Namun banyak orang di masyarakat yang mempercayai bahwa orang yang mempunyai tanda hitam di dahinya maka mereka adalah orang rajin sholat dan merupakan ahli surga, padahal semua pendapat itu belum tentu benar adanya. 

Analisis penulis adalah seperti diilustrasikan sebagai berikut:
1. Bobot Tubuh
Análisis Jidat Hitam
2. Gerakan Tubuh
Untuk mencapai posisi sujud seperti ilustrasi diatas maka

Gambar Atas: Ada kemungkinan untuk menggerakkan posisi kepala dari gambar bawah ke gambar atas (otomatis dahi akan tergesek alas/sajadah/karpet) ditambah dengan mengembangkan posisi tangan kesamping (ketiak terbuka)

Gambar Bawah: Kecil kemungkinan untuk menggerakkan posisi kepala karena hal ini sudah pas (tidak perlu memanjangkan tubuh/memajukan badan bagian atas ke depan) 

Pertanyaan yang harus dipikirkan lainnya adalah:
Mengapa dahulu tidak ada orang tua-orang tua kita yang mempunya tanda seperti ini?
  • Apakah mereka tidak rajin sholat?
  • Apakah mereka tidak khusu' saat sholat?
  • Apakah sajadah jaman dahulu lebih halus?
  • Apakah kulit orang terdahulu lebih kuat/tidak sensitif seperti sekarang?

Yang jelas bagi kami saat ini banyak informasi melalui media cetak, internet maupun brosur-brosur yang ditempelkan di masjid-masjid dengan judul Cara Sholat Rasulullah SAW yang isinya mengutip seluruh hadist yang dishahihkan Al-Albani dimana informasi tersebut mengklaim sepihak inilah cara Yang Paling Benar, Yang Paling Shohih berdasarkan Al-Qur'an dan Hadist. Seolah-olah Nashiruddin Albani, Ibnu Abdul Wahab, Ibnul Qoyyim atau Ibnu Taimiyyah melihat secara langsung Rasululloh SAW shalat!

Apakah sholat yang diajarkan 4 Imam Mu'tabar (Imam Malik, Imam Hanafi, Imam Syafi'i dan Imam Ahmad) tidak berdasarkan Hadist Shohih? Subhanalloh, merekalah yang melihat Para Sahabat Rasululloh SAW shalat, merekalah Para Tabi'in dan Tabiut Tabi'in dan beliau-beliau inilah para Shalafus Sholeh. Wallohualam.






Unknown

About Unknown -

Daarul Fiqih menyediakan informasi yang benar berdasarkan Al Qur'an, Hadits, dan Qiyas serta Ijma' Ulama agar Umat Islam Selamat dari Pengaruh Kaum Tanpa Madzhab

Subscribe to this Blog via Email :